Google Talk

Diposting oleh PAM_BLOGGERTEGUH

Senin, 07 Juni 2010


"Menguak Keindahan Alam Lumajang, Kota Tercinta"


by tegoeh, all source



Lumajang, atau kita kenal dengan nama kota pisang,,adalah salah satu kota kecil yang telah beberapa kali meraih penghargaan adipura. Kota ini termasuk dalm kategori kota sedang. Posting blog yang ini sebenernya aku tulis buat memperkenalkan keindahan alam kota Lumajang yang sangat beragam,, namun kurang mendapat perhatian,,,



Berikut beberapa keindahan alam Lumajang,,,
1. GUCIALIT
Berada sekitar 10km di arah barat pusat kota,, daerah ini merupakan daerah pegunungan, yang terkenal adalah kebun teh wonokerto & air terjunnya.

inilah yang akan kita saksikan jika kita singgah di perkebunan teh wonokerto, kalu yang ini,, inini yang jadi demenan wisatawan,,

waterfall of gucialit,, khekhkhekheke,, gak tinggi2 amat,, tpi keren lho,,,

2. SELOKAMBANG


nah,, kalo yang ini mah namanya selokambang,, geser barat laut dikit dari pusat kota,, ini pemandian paling populer di Lumajang,, selain karena satu-satunya pemandian dg sumber alami,, pemandangan dsini jga gak kalah ma daerah pegunungan,, asri banget deh,,, klo kalian yang dari luar lumajang,, jg lewatin mampir ksini klo k lumajang,,,,



3. GUNUNG SAWUR
tempatnya agak jauh dari kota ,,, daerah sekitar pantai dekat pasirian,,,, lumayan keren sih,,,





4. PANTAI BAMBANG
daerah pantai lumajang juga gak kalah menarik dengan daerah lain... psalnya pantai disini berombak besar dan elok nian jika dipandang,, heheheh



5. PIKET NOL
kalo yang satu ini daerah pegunungan yang indah banget,,,,





ini jembatan ekstrem yang terdapat di daerah piket nol, kbarnya sih,, dbangunpada masa penjajahan belanda,,, keren banget sob


6. RANU PANE


Salah satu ranu indah yang terletak tepat dibawah gunung semeru... tempat peristirahatan bagi para pendaki semeru,,,

7.SEMERU
Denger namanya aja,, sapasih yang gak tau gunung tertinggi se-jawa ini,,.gunung tertinggi se-pulau jawa ini terletak di antara 3 kabupaten,,malang, lumajang, 7 probolinggo,, jadi masih termasuk daerah wisata lumajang,,



8.PURA SENDURO
ini tempat idaman para pemeluk hindu di seluruh penjuru indonesia,, mantapkan..


9. BROMO MOUNTAIN
bromo merupakan bagian dari taman nasional bromo tengger semeru,, kalo yang ini masuk kawasan probolinggo se,, heheh,, tapi keren,, yaudah di post aja sekalian,,


10. GOA TETES


11. RANU BEDALI









Continue Reading

0 komentar:

Diposting oleh PAM_BLOGGERTEGUH

Selasa, 27 April 2010


KISAH KASIH DI SEKOLAH

Oleh : M.NUR ZAINI

Tahukah anda,sebenarnya Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Lumajang ini merupakan salah satu sekolahan yang berada di wilayah Lumajang dengan bangunan yang begitu megah,dan letaknya pun begitu sangat strategis.Biasanya masyarakat menyebutkan sekolah yang salah satunya berada berdampingan dengan kuburan Cina.



`Konon katanya sebelum menjadi Madrasah Aliyah Negeri dan masih belum memiliki gedung yang tinggi seperti yang sekarang ini.Sekolahan ini masih terbuat bambu,tapi sekarang yang begitu indahnya disertai fasilitas yang sangat mencukupi dan dengan banyaknya siswa-siswi yang banyak sekolah di Madrasah Aliyah Negeri sehingga sekarang menjadi sebuah ukiran nama Islamic yaitu menjadi Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Model Pondok Pesantren yang mana sekolahan ini banyak dikenal masyarakat terutamanya dalam bidang keagamaannya dan sudah banyak para siswa-siswinya yang sudah meraih prestasinya itu tercapai.
Di dalam sekolahan ini terdapat banyak mata pelajaran diantanya adalah pelajaran umum yang meliputi Matematika,Fisika,Kimia dan lain sebagainya.Dan tidak kalah lagi dengan sekolah lainnya yaitu dalam bidang Agama yang meliputi Akidah Ahlaq,Qur’an Hadist,Faqih dan lain sebagainya.

Dari banyaknya mata pelajaran yang ada pada sekolah ini yang aku kagetkan dan merupakan mata pelajaran yang sangat ditekankan adalah Qur’an Hadist yang mana mata pelajaran ini adalah salah satu pelajaran yang didampingi oleh 2 orang Ustadzah dan 1 orang Ustadz.Tidak habis pikir yang aku piker hanya bagaimna cara mengajarnya dengan danya 3 orang guru itu dibagi menjadi tiga bagian,ada yang kelas bawah,tengah ,dan atas.Yang mana guru pertama memegang kelas bawah yaitu Ustadzah Hera,kelas tengah didampingi oleh Ustadzah musyayaroh dan kelas atas didampingi oleh Ustadz Aba Tafridji.Yang aku tau dari ketiga guru itu sama-sama guru pilihan dalam bidang agama terutama pada Al Qur’an.Pertama kali aku mengaji pada Ustadzah Musyayaroh kemudian ke Ustadz Aba Tafridji,yang mana aku tau beliau adalah Ustadz yang sangat berwibawa.Pertama kali dan hari yang sangat menegangkan yaitu adalah mengaji pada Aba Tafridji.Karena sangat tegang,serius,konsen dan lain sebagainya.Tidak lama kemudian sampailah pada giliran aku untuk membaca Juzamma. Selanjutnya:”kata Aba Tafridji”Kemudian saya disuruh membaca Juzamma itu tanpa melihat tulisannya atau bisa diartikan hafalan.karena sangat geroginya sehingga suaraku begitu rendah dan tidak terdengar oleh teman-teman.terus kebelakang”kata Aba Tafridji”masih membacanya dengan belum keras.Sampai ketiga kali Aba Tafridji berkata “terus kebelakang lagi”.Kemudian itu langsung aku tekatkan membacanya dengan suara yang keras tanpa disadari sampai-sampai membaca Juzamma itu salah.Karena sangat geroginya dan tidak tahu apa yang dibacanya proses pembelajaran it uterus berjalan lama kelamaan banyak sekali yang hafal 1 juzamma dan ada yang separuh da sebagainya.
ari demi hari,bulan demi bulan tibalah kenaikan kelas yang dulun naik ke kelas Xl.Pada ajaran baru Aba Tafridji masih mengikuti anak didiknya dulu naik ke kelas XL.Hafalan pun terus berlanjut dan Aba Tafridji tidak hanya mengajar Al Qur’an saja melainkan juga mengajar Bahasa Indonesia.Tidak tau kenapa tidak ada angin tidak ada awan tiba-tiba Metode pembelajaran Al Qur’an dengan hafalan berhenti di semester kelas Xl,tidak perlu menyesal karena masih ada penggantinya yaitu Ustadzah Musyayaroh yang dulunya mengajar Al Qur’an bersama Aba Tafridji.Tapi sekarang mengajar Al Qur’an Hadist yang mana ini juga mempelajariisi dalam kandungan Al Qur’an dan Hadist dan tambahlah wawasan dalam mengetahui isi kandungan Al Qur’an yang dulunya Cuma hafalan tapi sekarang bisa mengetahui maknanya.Aba Tafridjitidak mau kalah dengan guru-guru yang lain yang mengajar Bahasa Indonesia dengan cara yang mengajarnya yang begitu jelas,rinci serta singkat sehingga mudah untuk dipahami oleh murid-muridnya.Dan anehnya daripada guru-guru yang lain waktu dalam pengambilan nilai setelah ulangan harian yang sudah dikoreksi bersama Aba Tafridji tinggal mengucapkan siapa yang nilainya diatas 80 disuruh maju dan menulis nilainya dalam buku daftar nilai Aba Tafrudji.Jadi nilainya tidak disembunyi-sembunyikan.Dan semua itu berjalan dengan lancer,itulah salah satu dan beberapa mata pelajaran yang diterapkan di sekolah MAN yang benar-benar menerapkan Ilmu agamanya sesuai dengan labelnya yaitu MADUMPP(MADRASAH ALIYAH TERPADU MODEL PONDOK PESANTREN).




Continue Reading

0 komentar:

Diposting oleh PAM_BLOGGERTEGUH

Jumat, 09 April 2010




TENTANG KLONING



Kabar tentang keberhasilan ilmuwan-ilmuwan dunia melakukan percobaan mengkloning makhluk hidup vertebrata seperti domba yang diberi nama “Dolly, binatang lain, seperti simpanse bahkan katak, dunia seakan kagum, bahkan mungkin menanggap sebuah keajaiban. Lebih lagi ada kabar terbaru bahwa para ilmuwan-ilmuwan yang



berkecimpung pada penelitian kloning tersebut sedang “menciptakan” manusia dari teknologi kloning tersebut. Dunia seakan terkejut. Mungkin juga ada sebagian orang berpikiran bahwa sesungguhnya adalah manusia adalah pusat segala-galanya lewat kemajuan teknologinya, sehingga ragu atau bahkan tidak percaya akan adanya sang Khaliq (Pencipta) alam semesta. Padahal yang kutahu juga, peluang bertahan hidup makhluk yang menggunakan metode kloning bisa dibilang kecil, tetapi tertutupi daripada keberhasilan teknologi yang baru ini. Namun juga terjadi kontroversi seputar kloning terhadap manusia, dilihat dari segi moral dan kegunaannya. Pada paragraf selanjutnya aku berusaha menguraikan pendapatku tentang masalah kloning tersebut dengan menggunakan informasi yang kutahu juga pemikiran logisku.
Pertama-tama aku ingin menjelaskan sedikit tentang teknologi kloning yang kuketahui yang didapat lewat media informasi juga dari info dari teman-temanku. Kloning menurut hasil analisa pemikiranku (yang ku ketahui) adalah sebuah metode atau cara lain dari reproduksi makhluk hidup (bersel banyak) lewat cara yang baru, berbeda dengan reproduksi ”konvensional” dimana makhluk yang baru terbentuk bukan karena pembuahan sel sperma dengan sel ovum yang kemudian berkembang. Tapi sebenarnya menurut informasi yang didapat, sehingga aku menyimpulkan adalah bahwa ilmuwan-ilmuwan tersebut mengabungkan teknologi 'bayi tabung' untuk “menghasilkan” makhluk kembar seperti anak kembar yang lahir dengan 'cara normal'. Namun perbedaan antara metode bayi tabung dengan kloning adalah bahwa bayi tabung masih menggunakan cara normal, yaitu sel induknya baik sperma maupun ovum diambil kemudian kedua jenis sel tersebut ditaruh di “tabung” yang dikondisikan sehingga bisa terjadi pembuahan, kemudian baru hasilnya dimasukkan kembali kedalam rahim induknya. Dengan




metode yang hampir sama dengan bayi tabung, kloning menggunakan sel selain sperma. Sel ini yang berisi informasi DNA dari makhluk yang lain, kemudian hasilnya juga dimasukkan kembali ke induknya (untuk lebih jelasnya dipersilakan untuk mencari referensi tentang teknologi kloning yang lebih lengkap). Aku kira hanya ini yang bisa aku jabarkan mengenai kloning, karena bukan aku ahlinya.
Aku ingin berpendapat atau mungkin tanggapan tentang teknologi kloning itu sendiri, juga pendapat-pendapat orang yang ragu bahkan sekuler tentang keberadaan Sang Khaliq yang Arrahman dan Arrahim. Juga sedikit pendapatku tentang orang-orang yang agak khawatir teknologi kloning akan menghasilkan misalnya, Hitler-Hitler baru yang berbahaya, sehingga aku sedikit berpikir, yang berakhir dengan senyum penuh keyakinan.

Kalau dilihat dari teknologinya, kloning terbilang baru, namun menurut pendapatku bahwa aku melihat konsep kloning itu sudah ada jauh sebelumnya. Yaitu di Al-Qur’an, tepatnya tentang ayat-ayat yang berbicara mengenai penciptaan Adam dan Hawa yang ada di dunia tanpa ayah dan ibu, kemudian juga ayat-ayat mengenai kelahiran Isa putra Maryam, yang lahir tanpa ayah. Dan aku juga berpikir bahwa kloning tersebut tidak berbeda jauh dengan kelahiran anak kembar. Dengan berdasar padanya aku berkesimpulan bahwa kita tidak perlu terkejut, heran atau kagum yang berlebihan menanggapi teknologi kloning tersebut, apalagi menganggap bahwa manusia bukan berasal dari penciptaan. Kalau ada yang bertanya, apalagi jika dia muslim, misalnya “Kok bisa ya?” atau “Dari mana asal ruh makhluk kloning tersebut??”, kalau aku akan balik bertanya “Darimana asalnya ruh Nabi Adam dan Ibu Hawa, yang lahir tanpa orang tua, juga darimana datangnya ruh Isa yang lahir tanpa Ayah???”. Tentu sebagai muslim kita menjawab, dari Allah yang Maha Kuasa―ada ayat yang terjemahnya berbunyi :
Sesungguhnya misal kejadian 'Isa di sisi Allah adalah sama seperti kejadian Adam. Ia menjadikan dia dari tanah, kemudian berkata kepadanya “kun (jadi), maka jadilah”
(Ali Imran: 59).

Ayat ini menunjukkan bahwa kejadian semua makhluk adalah sama di sisiNya. Dengan begitu kita sadar bahwa kita tetaplah hamba Allah SWT.

Pada paragraf ini aku memberikan pendapat atau tanggapan orang-orang yang khawatir teknologi kloning manusia akan menghasilkan “monster-monster baru”, seperti yang telah aku sebutkan di paragraf sebelumnya bahwa akan muncul Hitler-hitler baru atau juga Stalin dan lain sebagainya. Mungkin, kalau kita pikir sekilas ada benarnya pendapat itu. Namun kalau berpikir kembali, karena aku muslim, aku mencoba menanggapi hal itu. Di dalam Al-quran diberitakan tentang perjanjian antara Allah dengan ruh-ruh manusia yang mengakui bahwa Allah adalah Rabb (Pencipta, Pengatur, Pemelihara) mereka yang terjemahannya:
Dan ingatlah ketika Rabb mu mengeluarkan keturunan dari anak-anak Adam dari sulbi mereka dan menyuruh mereka bersaksi terhadap dirinya sendiri (atas pertanyaan): “Bukankah Aku Rabb kalian?” Mereka menjawab: “Betul, kami menjadi saksi”....(Al-‘Araaf: 172).

Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa setiap ruh manusia sudah ada sebelum manusia lahir, sejak manusia pertama hingga manusia terakhir di akhir jaman nanti. Jadi kesimpulannya bahwa setiap manusia mempunyai ruh yang berbeda satu sama lain tidak seperti kepercayaan reinkarnasi. Dan aku juga memiliki argumen lain, bahwa manusia kloning misalnya yang ditakutkan seperti disebutkan diatas belum tentu memiliki karakter yang sama, karena seseorang akan mempunyai karakter tertentu sesuai pendidikan di dalam keluarganya, lingkungannya, dan kondisi daerah dimana dia hidup. Dan aku ingat sebuah hadits rasulullah yang intinya bahwa setiap bayi yang lahir ke dunia dalam keadaan muslim, sedang orang tuanya yang menyebabkan dia menjadi yahudi, nasrani atau majusi. Dari penjelasan di atas aku akan memberikan contoh. Misalnya memang ada manusia hasil kloning yang selnya diambil dari Hitler atau Stalin namun―misalnya―ia dibesarkan di Afganistan menuntut ilmu kepada para mujahidin Afghan dan dibina di sana. Kemungkinan besar ia tidak menjadi seorang Hitler atau Stalin baru
namun mungkin menjadi seorang Usamah bin Ladin baru bertubuh Hitler atau Stalin. Tapi ini hanya sekedar ilustrasi saja.
Terakhir menurutku, teknologi kloning boleh dikembangkan asal teknologi itu berguna bagi kehidupan manusia contohnya, mencari bibit unggul hewan ternak yang tahan penyakit dan sehat fisiknya, sehingga perlu diperbanyak jenis yang seperti itu. Tapi kalau kloning manusia sampai saat ini aku belum melihat kegunaannya yang jelas bermanfaat dan kecil mudharatnya, bahkan mungkin apa yang dikhawatirkan sebagian orang tentang kloning manusia mungkin bisa saja terjadi, apabila kondisi mereka alami sama seperti kondisi kembaran mereka (seperti sejarah Hitler dan Stalin), belum lagi dilihat dari aspek syari’at atau fikih menurut ulama. Aku kira cukup sekian catatanku mengenai kloning. Dan menurutku IPTEK adalah sebuah media untuk kita mengenal adanya Sang Pencipta Agung, dimana di dalam sebuah ayat yang artinya:
Dan mereka bertanya kepadamu (hai Muhammad) tentang ruh. Katakanlah:
“Ruh itu termasuk urusan Rabbku.” Dan kamu tidak diberi pengetahuan, kecuali sedikit. (Q.S. Al-Isra: 85).

Maka cukuplah jelas bahwa pengetahuan kita tentang misteri kehidupan tetaplah terbatas karena hanya Allah-lah yang mengetahui segalanya. Wallaahu’alam. (dari berbagai sumber)




Continue Reading

0 komentar:

Diposting oleh PAM_BLOGGERTEGUH

Rabu, 07 April 2010





            An X-ray is a spectrum of light. When is it radiated through one body, it can be used for detecting his or her internal body organs. The X-ray was invented by a german scientist, Wilhelm Conrad Rontgen. Despite the fact that X-ray can detect cancer, cysts, and tumors, there are many conflicting opinions about the use of X-rays in the hospital.
            Some people agree that an X-ray examination is beneficial. They argue that doctor should use an X-ray examinationin examining a severe illness. If doctores do not use the X-ray, they could miss some important information wich very useful in making a diagnosis on a patient’s disease. This will sometimes cause a doctor to be inaccurate in prescribing medicine to cure an illness.
            Other people, however, disagree with the use of X-ray examination. They think that using an X-ray examination will lost them a lot of money. Tah is really true. Another reason is that the radiation of X-ray has some risk to body tissues.
            As a result of this controversy, many people use traditional health cure to avoid the high cost of hospital still insist on having X-ray examination on patients to get an accurate diagnosis although the cost is very high.





Continue Reading

0 komentar:

Diposting oleh PAM_BLOGGERTEGUH



Sistem Ekskresi


Manusia memiliki organ atau alat-alat ekskresi yang berfungsi membuang zat sisa hasil metabolisme. Zat sisa hasil metabolisme merupakan sisa pembongkaran zat makanan, misalnya: karbondioksida (CO2), air (H20), amonia (NH3), urea dan zat warna empedu. Zat sisa metabolisme tersebut sudah tidak berguna lagi bagi tubuh dan harus dikeluarkan karena bersifat racun dan dapat menimbulkan penyakit.
Organ atau alat-alat ekskresi pada manusia terdiri dari:

PARU-PARU

Paru-paru berada di dalam rongga dada manusia sebelah kanan dan kiri yang dilindungi oleh tulang-tulang rusuk. Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan yang memiliki tiga gelambir dan paru-paru kiri memiliki dua gelambir. Paru-paru sebenarnya merupakan kumpulan gelembung alveolus yang terbungkus oleh selaput yang disebut selaput pleura.

FUNGSI PARU-PARU
Paru-paru merupakan organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia karena tanpa paru-paru manusia tidak dapat hidup. Dalam Sistem Ekskresi, paru-paru berfungsi untuk mengeluarkan KARBONDIOKSIDA (CO2) dan UAP AIR (H2O). Didalam paru-paru terjadi proses pertukaran antara gas oksigen dan karbondioksida. Setelah membebaskan oksigen, sel-sel darah merah menangkap karbondioksida sebagai hasil metabolisme tubuh yang akan dibawa ke paru-paru. Di paru-paru karbondioksida dan uap air dilepaskan dan dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung

KELAINAN-KELAINAN PADA PARU-PARU
Kelainan-kelainan pada paru-paru, diantaranya adalah:
1. Asma atau sesak nafas, yaitu kelainan yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernafasan yang diantaranya disebabkan oleh alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis.
2.Kanker Paru-Paru, yaitu gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyebab lain adalah terlalu banyak menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum dan radiasi ionisasi. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru.
3.Emphysema, adalah penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya terisi udara.

CARA MENGATASI KELAINAN PADA PARU-PARU
Upaya menghindari dan mengatasi kelainan-kelainan pada paru-paru adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya:
1. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur
2. Berolah raga dengan teratur
3. Istirahat minimal 6 jam per hari
4. Mengindari konsumsi rokok, minum minuman beralkohol dan narkoba
5. Hindari Stress

HATI (HEPAR)
Hati merupakan “kelenjar” terbesar yang terdapat dalam tubuh manusia. Letaknya di dalam rongga perut sebelah kanan. Berwarna merah tua dengan berat mencapai 2 kilogram pada orang dewasa. Hati terbagi menjadi dua lobus, kanan dan kiri.
Zat racun yang masuk ke dalam tubuh akan disaring terlebih dahulu di hati sebelum beredar ke seluruh tubuh. Hati menyerap

zat racun seperti obat-obatan dan alkohol dari sistem peredaran darah. Hati mengeluarkan zat racun tersebut bersama dengan getah empedu.



FUNGSI HATI
Hati merupakan organ yang sangat penting, berfungsi untuk:
1. Menghasilkan empedu yang berasal dari perombakan sel darah merah
2. Menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh dan membunuh bibit penyakit
3. Mengubah zat gula menjadi glikogen dan menyimpanya sebagai cadangan gula
4. Membentuk protein tertentu dan merombaknya
5. Tempat untuk mengubah pro vitamin A menjadi vitamin
6. Tempat pembentukan protrombin yang berperan dalam pembekuan darah

Zat warna empedu hasil perombakan sel darah merah yang telah rusak tidak langsung dikeluarkan oleh hati, tetapi dikeluarkan melalui alat pengeluaran lainnya. Misalnya, akan dibawa oleh darah ke ginjal dan dikeluarkan bersama-sama di dalam urin.

KELAINAN-KELAINAN PADA HATI
Gangguan pada hati yang umumnya dijumpai di masyarakat saat ini adalah HEPATITIS atau PENYAKIT KUNING. Disebut demikian karena tubuh penderita menjadi kekuningan, disebabkan zat warna empedu beredar ke seluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus yang dapat menular melalui makanan, minuman, jarum suntik dan transfusi darah.
Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Penyebab penyakit hepatitis yang utama adalah virus. Virus hepatitis yang sudah ditemukan sudah cukup banyak dan digolongkan menjadi virus hepatitis A, B, C, D, E, G, dan TT.
Beberapa jenis hepatitis yang saat ini harus diwaspadai adalah:
1. Hepatitis A yang disebabkan oleh Virus Hepatitis A (VHA)
2. Hepatitis B yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB)
3. Hepatitis C yang disebabkan oleh Virus Hepatitis C (VHC)

KULIT
Seluruh permukaan tubuh kita terbungkus oleh lapisan tipis yang sering kita sebut kulit. Kulit merupakan benteng pertahanan tubuh kita yang utama karena berada di lapisan anggota tubuh yang paling luar dan berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar.

FUNGSI KULIT
Fungsi kulit antara lain sebagai berikut:
- mengeluarkan keringat
- pelindung tubuh
- menyimpan kelebihan lemak
- mengatur suhu tubuh, dan
- tempat pembuatan vitamin D dari pro vitamin D dengan
bantuan sinar matahari yang mengandung ultraviolet

Proses Pembentukan Keringat
Bila suhu tubuh kita meningkat atau suhu udara di lingkungan kita tinggi, pembuluh-pembuluh darah di kulit akan melebar. Hal ini mengakibatkan banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut. Karena pangkal kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka terjadilah penyerapan air, garam dan sedikit urea oleh kelenjar keringat. Kemudian air bersama larutannya keluar melalui pori-pori yang merupakan ujung dari kelenjar keringat. Keringat yang keluar membawa panas tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Kelainan pada kulit yang banyak dialami oleh para remaja adalah jerawat. Ada tiga tipe jerawat, yaitu:
1. Komedo
2. Jerawat biasa
3. Cystic Acne (Jerawat Batu/Jerawat Jagung)

MENGATASI KELAINAN PADA KULIT

Kulit perlu mendapat perawatan yang tepat agar senantiasa sehat. Berikut 4 langkah perawatan kulit yang sangat mendasar:

1. Makan Makanan Yang Mengandung Nutrisi
Kulit seperti juga organ tubuh lain, terdiri atas sel-sel yang berkembang dan membutuhkan berbagai nutrisi. Nutrisi pada kulit digunakan untuk mengaktifkan sirkulasi darah ke kulit, menjaga kelenturan dan kekencangan kulit serta mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan kulit menjadi kering.
2. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Setiap Hari
Air berfungsi sebagai media untuk mengangkut dan membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan mencegah kekeringan. Selain 8 gelas air segar setiap hari, asupan cairan yang baik bagi kulit bisa didapatkan dari buah dan sayuran.
3. Berolahraga Dengan Teratur
Olahraga teratur 3 kali seminggu akan membantu kelancaran sirkulasi darah, sehingga asupan nutrisi kulit terpenuhi.
4. Mandi Untuk Membersihkan Badan
Mandi secara teratur menggunakan sabun, bermanfaat menghilangkan lemak dan kotoran pada permukaan kulit. Namun kita perlu berhati-hati dalam memilih sabun, karena detergen yang terkandung di dalamnya cenderung meningkatkan pH kulit sehingga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

GINJAL
Dunia kedokteran biasa menyebutnya ‘ren’ (renal/kidney). Bentuknya seperti kacang merah, berjumlah sepasang dan terletak di daerah pinggang. Ukurannya kira-kira 11x 6x 3 cm. Beratnya antara 120-170 gram. Struktur ginjal terdiri dari: kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula) dan rongga ginjal (pelvis). Pada bagian kulit ginjal terdapat jutaan nefron yang berfungsi sebagai penyaring darah. Setiap nefron tersusun dari Badan Malpighi dan saluran panjang (Tubula) yang bergelung. Badan Malpighi tersusun oleh Simpai Bowman (Kapsula Bowman) yang didalamnya terdapat Glomerolus.

FUNGSI GINJAL
1. Menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme tubuh
2. Mengeksresikan zat yang jumlahnya berlebihan
3. Reabsorbsi (penyerapan kembali) elektrolit tertentu yang dilakukan oleh bagian tubulus ginjal
4. Menjaga keseimbanganan asam basa dalam tubuh manusia
5. Menghasilkan zat hormon yang berperan membentuk dan mematangkan sel-sel darah merah (SDM) di sumsum tulang

PROSES PEMBENTUKAN URINE
Ginjal berperan dalam proses pembentukan urin yang terjadi melalui serangkaian proses, yaitu: penyaringan, penyerapan kembali dan augmentasi.
1. Penyaringan (filtrasi)
Proses pembentukan urin diawali dengan penyaringan darah yang terjadi di kapiler glomerulus. Sel-sel kapiler glomerulus yang berpori (podosit), tekanan dan permeabilitas yang tinggi pada glomerulus mempermudah proses penyaringan.
Selain penyaringan, di glomelurus juga terjadi penyerapan kembali sel-sel darah, keping darah, dan sebagian besar protein plasma. Bahan-bahan kecil yang terlarut di dalam plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat dan urea dapat melewati saringan dan menjadi bagian dari endapan.
Hasil penyaringan di glomerulus disebut filtrat glomerolus atau urin primer, mengandung asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya



2. Penyerapan kembali (reabsorbsi)
Bahan-bahan yang masih diperlukan di dalam urin pimer akan diserap kembali di tubulus kontortus proksimal, sedangkan di tubulus kontortus distal terjadi penambahan zat-zat sisa dan urea. Meresapnya zat pada tubulus ini melalui dua cara. Gula dan asam amino meresap melalui peristiwa difusi, sedangkan air melalui peristiwa osmosis. Penyerapan air terjadi pada tubulus proksimal dan tubulus distal.
Substansi yang masih diperlukan seperti glukosa dan asam amino dikembalikan ke darah. Zat amonia, obat-obatan seperti penisilin, kelebihan garam dan bahan lain pada filtrat dikeluarkan bersama urin. Setelah terjadi reabsorbsi maka tubulus akan menghasilkan urin sekunder, zat-zat yang masih diperlukan tidak akan ditemukan lagi. Sebaliknya, konsentrasi zat-zat sisa metabolisme yang bersifat racun bertambah, misalnya urea.
3. Augmentasi
Augmentasi adalah proses penambahan zat sisa dan urea yang mulai terjadi di tubulus kontortus distal. Dari tubulus-tububulus ginjal, urin akan menuju rongga ginjal, selanjutnya menuju kantong kemih melalui saluran ginjal. Jika kantong kemih telah penuh terisi urin, dinding kantong kemih akan tertekan sehingga timbul rasa ingin buang air kecil. Urin akan keluar melalui uretra.
Komposisi urin yang dikeluarkan melalui uretra adalah air, garam, urea dan sisa substansi lain, misalnya pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urin.

KELAINAN PADA GINJAL
Kelainan-kelainan pada ginjal diantaranya adalah gagal ginjal dan batu ginjal.
1. Gagal Ginjal
Gagal ginjal merupakan kelainan pada ginjal dimana ginjal sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya yaitu menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme.
Penyebab terjadinya gagal ginjal antara lain disebabkan oleh:
1. Makan makanan berlemak
2. Kolesterol dalam darah yang tinggi
3. Kurang berolahraga
4. Merokok, dan
5. Minum minuman beralkohol.

Mengatasi Gagal Ginjal
Kemajuan ilmu pengetahuan, memungkinkan fungsi ginjal digantikan. Penggantian fungsi tersebut dikenal dengan Renal Replacement Therapy (RRT) atau Terapi Pengganti Ginjal (TPG). Ada dua cara TPG, yakni transplantasi/cangkok ginjal dan dialisis/cuci darah . Dialisis/cuci darah dibedakan menjadi:
1. HD (Hemodialisis), dialisis dengan bantuan mesin
2. PD (Peritoneal Dialisis), dialisis melalui rongga perut
3. Batu Ginjal
Urine banyak mengandung mineral dan berbagai bahan kimiawi. Urin belum tentu dapat melarutkan semua itu. Apabila kita kurang minum atau sering menahan kencing, mineral-mineral tersebut dapat mengendap dan membentuk batu ginjal.
Batu ginjal merupakan kristal yang terlihat seperti batu yang terbentuk di ginjal. Kristal-kristal tersebut akan berkumpul dan saling berlekatan untuk membentuk formasi “batu”. Apabila batu tersebut menyumbat saluran kemih antara ginjal dan kandung kemih, saluran kemih manusia yang mirip selang akan teregang kuat karena menahan air seni yang tidak bisa keluar. Hal itu tentu menimbulkan rasa sakit yang hebat.



Continue Reading

0 komentar:

slide koncoku

apakah blog saya membantu dan menarik?

not Indonesian? translate here

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Mengenai Saya

Foto saya
calon mahasiswa di perguruan tinggi mesir moga aj, *anak yang baek *jarang marah,,,cuman ngambek *slalu ceria walau kadang hati gundah *tertutup *teraniaya *teramat sangat cuakep *pokoke,,, ngini iki ws
Menduwur Lagi..(atas)